Jangan Beli Bibit Karet Malaysia dan Thailand

Metrotvnews.com, Sintang: Bupati Sintang, Milton Crosby mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur oleh benih karet asal Malaysia dan Thailand karena mengandung virus yang mengancam produktivitas tanaman. “Saya minta masyarakat tidak membeli bibit karet asal luar negeri karena sudah diteliti benih dan bibit itu mengandung virus yang merusak karet,” kata Milton di Sintang, Kalimantan Barat, Sabtu (17/12).

Ia menilai masuknya benih dan bibit karet asal dua negara itu mengandung motif lain yang tidak baik untuk perkembangan dan produktivitas karet rakyat. “Saya minta masyarakat yang menjual agar menghentikan pasokan dan penjualan bibit tersebut. Kami akan mengambil tindakan tegas,” ujarnya.

Menurutnya, promosi bibit karet asal Negeri Jiran memang menggiurkan masyarakat seperti mudah tumbuh, menghasilkan latek yang banyak, dan daya tahan yang luar biasa. “Sekarang tidak ada lagi perang terbuka, tetapi lebih kepada perang ekonomi dan kita curigai peredaran bibit karet ini salah satunya,” kata Bupati Sintang.

Sumber: Metro TV news :http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/12/17/75714/Jangan-Beli-Bibit-Karet-Malaysia